Pertemuan 14 ERP

Human Resources Process

Fungsi HR

•Menarik, memilih, dan merekrut karyawan baru menggunakan informasi dari lamaran, referensi, dan interview. •Mengkomunikasikan informasi terkait dengan posisi baru dan merekrut melalui organisasi. •Memastikan karyawan memiliki pendidikan yang sesuai, dan sertifikasi untuk mengerjakan tugas mereka. •Menangani masalah terkait dengan perilaku karyawan •Memastikan karyawan mengerti tanggung jawab terkait dengan pekerjaan mereka.

•Mereview kinerja karyawan dan menentukan kenaikan gaji dan bonus. •Mengatur gaji dan kesejahteraan untuk tiap-tiap karyawan dan mengkonfirmasikan benefit yang sesuai dibayar keapda karyawan baru dan karyawan yang ada. •Mendukung rencana manajemen untuk perubahan didalam organisasi (ekspansi, pensiun, reorganisasi) sehingga karyawan yang kompeten tersedia untuk mendukung proses bisnis.

Process Rekrutmen

•Departemen mengajukan kebutuhan tenaga kerja ke bagian HR dengan mengisi formulir lowongan yang meliputi informasi: •Posisi Jabatan •Kualifikasi yang diperlukan •Sifat  Jabatan (sementara, part-time, full-time, PKL) •Kapan dibutuhkan •Berdasarkan informasi tersebut diatas bagian HR mengajukan kepada pimpinan perusahaan untuk mendapatkan persetujuan. •Informasi kebutuhan diumumkan di internal agar karyawan yang ada diberi kesempatan untuk mengajukan diri. •Jika tidak ada yang sesuai, maka posisi ditawarkan kepada calon eksternal.

•Surat lamaran dikelompokan berdasarkan posisi yang dilamar. •Berdasarkan spesifikasi pelamar, maka dibuat daftar kandidat potensial. Calon dapat juga direview dari file lamaran satu tahun terakhir. •Data terkait kandidat di fotocopy kemudian disampaikan ke Departmen yang membutuhkan untuk direview.

Interview dan Penerimaan

•Dari pelamar potensial, dipilih tiga calon. •HR melakukan kontak dengan pelamar, menjadwalkan interview dan membuat file untuk masing-masing kandidat. •Jika kandidat menerima tawaran interview, HR mengatur perjalanan, dan jadwal aktivitas interview. •Bagian HR melakukan interview termasuk mendiskusikan pengalaman pelamar, dan pertanyaan yang relevan terkait dengan posisi yang dilamar. •Supervisor Departemen pemohon melakukan interview, dan karyawan lainnya juga diberi kesempatan berbicara dengan calon. •Untuk jabatan yang lebih tinggi dapat diinterview pimpinan manajer maupun pimpinan perusahaan.

•Dari hasil interview, bagian HR mengupdate file terkait  apakah kandidat sesuai, pada kasus tertentu diperlukan lagi interview yang kedua. •Bagian HR dan perwakilan departemen meranking peserta. •Jika ada calon yang dapat diterima, bagian HR menyampaikan secara lisan kepada calon. •Jika calon menerima, suatu surat panggilan pemeriksaan kesehatan. •Jika semuanya sesuai maka surat penerimaan dikirim termasuk tanggal masuk kerja. •Bagian HR menjadwalkan new employee orientation. •Jika tidak ada calon yang sesuai, maka proses rekrutmen dimulai kembali dari awal.

next read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *